Sunday, May 5, 2019

Cara Mengubah Word ke PDF di HP Android

Cara Mengubah Word ke PDF di HP Android

– Sekali lagi, karena tuntutan jaman sekarang fungsi komputer sudah mulai bisa digantikan oleh canggihnya Smartphone, buktinya sekarang banyak juga yang menyelesaikan pekerjaannya lewat smartphone. Nah, salah satunya adalah mengubah Word ke PDF.

Ada banyak alasan kenapa kita harus convert file Word ke PDF, bisa karena untuk melindungi data, perbedaan tipe Word, dan lain sebagainya. Tapi apapun alasannya, kita balik ke topik, sudah bisakah kalian mengubah Word menjadi PDF di HP Android? Kalau belum bisa jangan kuatir, saya sahabatnya orang gaptek, kalian bisa mengikuti langkah-langkahnya berikut ini:

Sebelumnya, baca juga: Cara membuka dan ekstrak file RAR/ZIP di HP Android.


Video Cara Mengubah Word ke PDF di Android


Udah jelaskan dari video di atas, jangan lupa like dan subscribenya ya, bantu ramaikan! Tapi kalau kalian mau menghemat data kuota, bisa ikuti tutorialnya di bawah ini:

Mengubah Word Menjadi PDF Tanpa Aplikasi Lain

Tanpa aplikasi lain, artinya hanya memanfaatkan fitur yang ada di reader word yang dipakai. Saya pakai Microsoft Word dan WPS Office, keduanya ada fitur untuk convert ke PDF, jadi tidak membutuhkan aplikasi pihak ketiga.

Dengan Microsoft Word

Silahkan buka dokumen Word yang ingin diconvert ke PDF dengan Ms. Word, ketika sudah terbuka klik tanda titik 3 di kanan atas, pilih dan klik Bagikan.

Klik Bagikan sebagai lampiran, klik PDF.

Asumsi kalian ingin menyimpan hasil convert ke HP, maka pilih File Manager kalian (terserah pakai File Manager apa), lalu pilih folder dimana kalian ingin menyimpan, lalu klik save, selesai.

Semisal kalian ingin langsung mengirim hasil convertan tadi lewat WhatsApp, maka pilih WhatsApp. Kalau mau kirim lewat email, bisa pilih Gmail, begitu juga dengan yang lainnya.

Dengan WPS Office

Buka WPS Office kalian, lalu cari dan buka file Word yang ingin diubah menjadi PDF. Setelah terbuka, klik Bagi yang ada di kanan bawah, pilih dan klik Bagi sebagai PDF.

Kemudian klik Ekspor ke PDF, tunggu beberapa detik untuk mengkonversi dari Word ke PDF, setelah muncul menu Bagi Sebagai Pilihan maka pilih apakah kalian mau menyimpan di memori HP atau langsung mengirim via WA atau email seperti cara sebelumnya, jika sudah maka proses mengubah Word ke PDF selesai.

Convert Word ke PDF Dengan Aplikasi

Ada banyak aplikasi yang bisa kalian gunakan untuk mengubah Word menjadi PDF di Android, tapi kali ini saya memakai aplikasi Word to PDF Converter dari Weeny Software. Silahkan kalian download dan install di PlayStore terlebih dahulu, ukuran aplikasinya cuman 6,7 MB saja.

Jika sudah, buka aplikasi tersebut, pastikan kalian dalam mode WORD TO PDF, bukan PDF TO WORD, bisa kalian lihat di bagian atas aplikasi.

Klik Pilih File, lalu cari dimana file Word tersimpan. Jika sudah, klik Convert Now!, tunggu beberapa detik sampai ada tulisan Conversion completed!. Jika tulisan sudah muncul, klik filenya (berwarna merah).

Kalian akan diarahkan ke browser untuk mendownload (sudah mendownload otomatis) file Word yang sudah diubah ke PDF, file tersebut sudah tersimpan di HP kalian. Silahkan kalian buka file PDF tersebut, bisa kalian cari di folder download (lebih enak nyari pakai File Manajer).

Selanjutnya: Cara pasang banyak WhatsApp dalam 1 HP Android.
----
Oke ya teman-teman gaptek, itulah cara mengubah Word ke PDF di HP Android dengan sangat mudah dan cepat. Semoga tutorial di atas bermanfaat dan membantu menyelesaikan pekerjaan kalian. Jangan lupa untuk share artikel ini juga ya, thanks dan salam gaptek.
Disqus Comments