Wednesday, April 17, 2019

Cara Membuka dan Ekstrak File RAR/ZIP di HP Android

Cara Membuka dan Ekstrak File RAR/ZIP di HP Android

– Ada banyak jenis file yang ada saat ini, dari sekian banyak jenis file diantaranya ada file berjenis RAR dan Zip. Dua jenis file tersebut merupakan file yang fungsinya sama yaitu untuk mengkompres 1 atau lebih file menjadi 1 file saja.

Sesuai perkembangan jaman di mana sekarang Smartphone tidak kalah dengan komputer dan laptop untuk melakukan aktivitas pekerjaan, kadang kala mengharuskan kita untuk membuka file RAR dan ZIP melalui HP. Tapi sayangnya, Android tidak kompatibel dengan dua file tersebut sehingga secara default tidak bisa dibuka.

Jadi untuk membukanya, kita perlu menggunakan cara khusus. Nah, bagaimana caranya? Ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

Sebelumnya, baca juga: Cara pasang banyak WhatsApp dalam 1 HP Android.

Aplikasi Yang Digunakan

Untuk membukanya, karena Android sendiri belum kompatibel dengan dua file tersebut maka terpaksa kita harus menggunakan aplikasi pihak ketiga. Ada banyak aplikasi yang bisa kalian gunakan, salah satunya yang menurut saya terbaik adalah RAR dari pengembang RARLAB. Walaupun nama aplikasinya RAR, tapi aplikasi tersebut bisa juga kok untuk membuka ZIP. Ukuran aplikasi tidak terlalu besar, hanya sekitar 13 MB saja, jadi silahkan download dan install dulu ya!

Cara Membuka File RAR dan ZIP

Video Cara Membuka File RAR dan ZIP di HP Android


Gak mau nonton video di atas, oke deh kalian bisa membaca tutorialnya di bawah ini:

Membuka File Download

Misalnya kalian baru saja mendownload file dan ternyata file tersebut berjenis RAR atau ZIP. Jika kalian sudah install aplikasi di atas, maka ketika kalian klik file yang sudah terdownload tadi maka secara otomatis akan diarahkan ke aplikasi RAR, dan di aplikasi tersebut kalian bisa melihat dan membuka file apa saja yang ada di dalam file RAR dan ZIP.

Membuka Secara Langsung di Folder

Jika kalian sudah punya file RAR atau ZIP di dalam Android sebelumnya dan ingin membukanya. Silahkan kalian buka dulu aplikasi RAR, pilih folder dimana file RAR/ZIP berada.

Klik file RAR/ZIP yang diinginkan, klik file (isi dari file RAR/ZIP) yang ingin dibuka, selesai.

Cara Ekstrak File RAR dan ZIP

Video Cara Ekstrak File RAR dan ZIP di HP Android


Ekstrak Dari File Download

Jika kalian ingin mengekstraknya sehingga kedepannya tidak perlu menggunakan aplikasi RAR untuk membuka, klik file yang telah di download dari browser, pilih file yang diinginkan, klik dan tahan sampai menu baru muncul, klik Ekstrak berkas.

Klik Jelajah, pilih dan klik folder di mana kalian ingin meletakkan file.

Setelah memilih folder, Klik OK.

Klik OK sekali lagi, file sudah terekstrak di folder yang kalian inginkan, selesai.

Ekstrak Secara Langsung di Folder

Kalau kalian sudah punya file RAR atau ZIP di dalam Android sebelumnya dan ingin mengekstraknya. Silahkan kalian buka dulu aplikasi RAR, pilih folder dimana file RAR/ZIP berada.

Jika sudah, cari file tersebut di dalam folder, jika sudah ketemu klik dan tahan file, klik Ekstrak disini jika file ekstrak ingin kalian simpan di folder yang sama dengan file RAR/ZIP. Sampai di sini file sudah terekstrak di folder yang sama.

Jika ingin beda folder, klik Ekstrak berkas, klik Jelajah.

Klik folder paling atas, silahkan pilih folder dimana kalian akan menyimpan file ekstrak.

Klik OK.

Klik OK sekali, maka file sudah terektrak di folder pilihan, selesai.

Butuh Pembuka File Terkait

Sekedar mengingatkan saja sih, walaupun kalian bisa membuka dan mengekstrak file RAR atau ZIP, tapi kalau kalian tidak punya aplikasi pembuka untuk membuka file yang ada di dalam RAR/ZIP, ya sama saja. Misalnya isi dari RAR/ZIP tersebut merupakan file PDF, otomatis kalian juga butuh aplikasi pembuka PDF, gitu juga dengan file jenis lainnya seperti Word, Excel, Notepad, dan lain-lain. Jadi pastikan kalian juga sudah install aplikasi pembukanya ya!

Selanjutnya: Cara menjadi member VIP Iflix gratis.
----
Oke ya teman-teman, itulah cara membuka dan ekstrak file RAR dan ZIP di HP Android. Semoga cara di atas bermanfaat dan membantu dalam menyelesaikan pekerjaan kalian. Jangan lupa untuk share artikel ini juga ya, thanks dan salam gaptek.
Disqus Comments