Tuesday, March 26, 2019

Cara Menghapus Background Foto Di HP Android Sekali Klik, Mudah dan Cepat

Cara Menghapus Background Foto Di HP Android Sekali Klik, Mudah dan Cepat

– Di jaman modern seperti saat ini memang menuntut kita untuk bisa serba cepat dan mudah. Salah satunya dalam hal edit foto, di mana kita sering melakukannya di HP untuk suatu tujuan tertentu.

Khususnya di Android sendiri, banyak sekali aplikasi yang tersedia untuk melakukan edit foto, tapi nampaknya tidak semua menyediakan fitur untuk menghapus background. Jika bisa pun musti manual yang prosesnya lama dan melelahkan.

Lalu adakah cara untuk melakukannya dengan lebih mudah? Ya, ada. Di android ada aplikasi penghapus background foto yang sering saya gunakan, tanpa root dan prosesnya sangat mudah serta cepat. Sekalian akan saya jelaskan cara penggunaannya, berikut cara menghapus background foto di android (lebih jelasnya tonton video di bawah ya, jangan lupa subscribe juga):

Sebelumnya, baca juga: Cara memberi efek blur/sensor pada video di HP Android.

Aplikasi Yang Dipakai

Untuk aplikasinya, saya menggunakan aplikasi Background Eraser. Silahkan kalian download dan install di PlayStore, ukurannya tidak terlalu besar, hanya sekitar 10.6 MB saja.

Cara Menghapus Background Foto Sekali Klik

Setelah kalian install aplikasi tersebut, silahkan buka. Klik Load a photo yang ada di tengah, kemudian pilih foto yang backgroundnya pengen kalian hapus.

Kemudian kalian crop bagian-bagian yang tidak penting dengan cara menarik tanda panah pada salah satu atau semua di 4 sisi foto, jika sudah sesuai klik Done di pojok kanan atas.

Ada beberapa fitur yang disediakan oleh aplikasi ini. Untuk menghapus background foto sekali klik, pilih fitur Auto di kiri bawah. Kemudian tekan dan tahan ujung lingkaran yang tampil di layar, lalu arahkan ke background yang akan di hapus.

Klik Done di pojok kanan atas, lalu klik Save dan finish di pojok kanan atas juga, foto sudah tersimpan di galeri. Kalau kalian lihat di galeri, mungkin hasil penghapusan tersebut akan terlihat foto memiliki background hitam. Tidak masalah, nanti kalau kalian insert ke aplikasi edit foto lain, foto sudah tidak memiliki background lagi kok.

Jika background sudah hilang maka foto mendukung dalam satu kali klik. Jika background belum sepenuh hilang, lihat cara di bawah.

Tidak Semuanya Bisa Sekali Klik

Ada kalanya menghapus background tidak bisa dilakukan dengan sekali klik, karena kadang ada sisa-sisa background yang masih menempel di gambar utama. Lalu gimana? Jangan khawatir, aplikasi Background Eraser masih memiliki fitur lainnya kok. Ada fitur Magic dan Manual yang bisa kalian gunakan jika hal ini terjadi.

Magic, ini merupakan fitur yang otomatis menghapus background jika tombol lingkarannya kalian arahkan pada bagian yang ingin dihapus. Fitur ini sangat ampuh untuk menghilangkan sisa-sisa background yang masih menempel di pinggiran gambar utama.

Manual, fitur ini memang harus kalian gunakan secara manual dengan cara menggerak-gerakkan tombol sampai background terhapus. Ini bisa kalian gunakan untuk menghapus bagian-bagian yang sulit terjangkau.

Tips, gunakan juga fitur Size untuk memperkecil dan memperbesar tombol, serta jangan lupa gunakan fitur undo dan redo jika terjadi kesalahan, misalnya gambar utama ikut terhapus. Gunakan fitur Repair untuk memperbaiki gambar yang rusak.

Video Cara Menghapus Background Foto Di Android


Gimana, mudah bukan?
----
Oke ya, itulah cara menghapus background foto di HP Android dengan sekali klik, sangat mudah dan cepat. Semoga cara yang saya bagi di atas bermanfaat dan membantu kalian. Jangan lupa share artikel ini juga ya, thanks dan salam sukses.
Disqus Comments