Wednesday, March 13, 2019

Cara Membuat Efek Blur/Sensor Pada Video di HP

Cara Membuat Efek Blur/Sensor Pada Video di HP

– Kalian pasti sering melihat video atau foto yang di dalamnya ada efek blur atau sensor, efek tersebut bisa diberikan untuk menutupi hal yang tidak ingin terlihat oleh orang lain, misalnya password atau bagian/adegan yang tidak senonoh. Cara melakukannya juga sangat mudah sebenarnya, kalian pun bisa.

Untuk melakukannya juga tidak harus menggunakan komputer atau laptop, sekarang dengan Smartphone sudah cukup, hasilnya juga tidak kalah baik. Nah, mau tahu bagaimana cara membuat efek blur/sensor pada video dengan HP kalian? Ikuti langkah-langkah berikut ini (lebih jelasnya lihat video di bagian bawah ya, jangan lupa subscribe juga):
Cara Membuat Efek Blur/Sensor Pada Video di HP

Aplikasi Yang Dipakai

Baik di smartphone Android maupun iOs, ada banyak sekali aplikasi edit video yang tersedia yang bisa kalian pakai, tapi hanya ada beberapa saja yang memiliki fitur efek blur atau sensor. Salah satu aplikasi edit video yang ada fiturnya adalah KineMaster, nah KineMaster inilah yang selalu saya gunakan untuk mengedit video-video saya. Dan dalam tutorial ini saya juga akan menggunakannya, silahkan kalian download dan install dulu jika belum memilikinya.

Cara Memberi Efek Blur/Sensor

Setelah kalian install KineMaster, buka aplikasi tersebut. Kemudian klik tombol gambar tambah yang ada di tengah kiri (atas gambar tanda tanya (?)), lalu pilih aspek rasio sesuai video yang ingin kalian edit, ini juga akan menentukan rasio video hasil editan ya. Jika video berasio horizontal maka pilih rasio 16:9, kalau vertikal pilih 9:16, dan jika kalian ingin lebar dan panjang rasio video sama (bentuknya kotak) maka pilih rasio 1:1.

Setelah itu, kalian akan masuk pada editor, klik Media (di bagian atas kanan) untuk memuat video atau foto yang kalian inginkan, pilih dan cari video atau foto tersebut. Klik 1x video/foto yang diinginkan hingga muncul previewnya di bagian bawah, lalu klik tanda ceklist yang ada di bagian atas kanan.

Langkah selanjutnya, tentukan mulai dari detik, menit, atau jam berapa efek blur dan sensor dimulai, kalian bisa geser ke kanan atau kiri untuk menentukan waktunya, kalian klik tanda play di kanan tengah untuk memainkan video agar detik, waktu dan jamnya tepat.
Klik Lapisan, kemudian pilih Efek (FX), klik Basic Effects, ada dua tipe blur atau sensor yang disediakan gratis, yaitu Gaussian Blur dan Mosaic, kalian bebas menggunakannya. Jika ingin tipe efek blur/sensor yang lain, kalian bisa membelinya dengan klik Dapatkan Lainnya.

Klik efek blur/sensor yang kalian inginkan, bebas. Dalam tutorial ini saya menggunakan Mosaic. Misalnya kalian juga menggunakan Mosaic, untuk menentukan bagian mana yang diberi efek, klik tulisan Mosaic di bawah sampai pinggirannya berwarna kuning. Maka di preview video ada kotak untuk menentukan bagian mana yang akan diberi efek blur/sensor. Silahkan kalian pindah dan ganti ukuran efek sesuai keinginan dengan cara menarik dan mengulur tanda panahnya.

Selain itu kalian juga bisa mengatur berbagai hal, seperti besar kecilnya blok blur/sensor, kepekatan (opasitas), dan lain-lain, silahkan sesuaikan kebutuhan kalian.

Jika kalian ingin memberi efek blur/sensor di waktu yang berbeda, tinggal ulangi langkah-langkah di atas. Bahkan kalian juga bisa memberi tipe efek blur yang berbeda-beda.

Setelah kalian selesai memberikan efek blur atau sensor pada video/foto dan berniat untuk menyimpan, silahkan klik gambar (yang saya kotaki merah) di bagian tengah kiri. Pilih resolusi (kualitas video) yang diinginkan, laju bingkai dan laju bit biarkan defaulf saja, tidak perlu dirubah, lalu klik Ekspor. Tunggu hingga proses ekspor selesai, setelah selesai maka video kalian sudah akan tersimpan, silahkan ditonton.

Video Cara Membuat Efek Blur/Sensor di HP


Mudah sekali kan?
----
Oke ya, itulah tutorial cara membuat efek blur/sensor pada video/foto di HP kalian. Semoga tutorial di atas bermanfaat dan membantu kalian dalam editing video. Jangan lupa share artikel ini juga ya, thanks dan salam sukses.
Disqus Comments