Sunday, May 12, 2019

Cara Menyambungkan Flashdisk ke HP Android Dengan Mudah dan Cepat

Cara Menyambungkan Flashdisk ke HP Android Dengan Mudah dan Cepat

– Android memang sistem operasi HP yang baik, dengan didukung oleh kecanggihan teknologi dari merk HP terkenal, saat ini kalian bisa menyambungkan Flashdisk atau USB ke Android tanpa perlu menggunakan komputer/laptop.

Teknologi untuk menyambungkan flashdisk atau USB ke hp Android ini disebut On The Go (OTG). Teknologi ini terbilang cukup baru, dan hanya Smartphone keluaran terbaru saja yang memiliki teknologi ini, mungkin HP keluaran 2015 ke atas. Jadi untuk melakukannya, syarat utama adalah HP kalian wajib support OTG, silahkan dicek spesifikasi HP kalian masing-masing.

Jika HP kalian support OTG, langsung saja ikuti langkah selanjutnya di bawah ini:

Sebelumnya, baca juga: Cara ekstrak dan membuka file RAR/ZIP di Android.

Yang Perlu Disiapkan

Selain HP kalian wajib support OTG, kalian juga perlu menyiapkan USB Adapter atau sering disebut kabel OTG. Kalian bisa membelinya di toko aksesoris Smartphone terdekat atau bisa juga membelinya secara online. Kalau di daerah saya, kabel OTG biasa (1 port) harganya cuman Rp. 5.000 – Rp. 15.000 tergantung kualitasnya.

Saran saya sih, beli kabel OTG yang memiliki 3 atau 4 port, dan ada port untuk charge HP. Jadi kalau baterai sedang melemah, kalian masih bisa menyambungkan flashdisk ke HP sambil ngecharge.

Selain itu, saya sarankan juga untuk install File Manager biar mudah dalam menjelajah folder flashdisk di HP nantinya karena kalau pakai File Manager bawaan HP kurang mantap menurutku. Untuk File Manager nya bebas dari developer mana saja, kalau saya sendiri pakai File Manager dari developer Flashlight + Clock.

Video Cara Menyambungkan Flashdisk ke HP Android


Dari video di atas sudah jelas’kan? Jangan lupa like dan subscribenya ya, dukung kami biar bisa terus memberikan tutorial kepada semuanya. Jika kalian ingin hemat kuota, bisa mengikuti tutorial di bawah ini:

Cara Menyambungkan Flashdisk/USB ke HP Android

Pertama, tancapkan flashdisk ke kabel OTG, lalu tancapkan ke Smartphone kalian (ke port isi daya).

Kemudian masuk ke pengaturan dan cari pengaturan koneksi OTG (tiap HP mungkin pengaturannya berbeda), pastikan koneksi OTG diaktifkan.

Setelah diaktifkan, jika muncul semacam perizinan maka klik izinkan saja. silahkan kalian buka File Manager, dan menu USB sudah akan tampil dan itu menandakan kalau flashdisk sudah terhubung ke HP Android kalian.

Dengan begitu kalian bisa melihat dan membuka isi flashdisk dari HP, kalian juga bisa menyalin atau memindahkan file dari flashdisk ke HP atau sebaliknya.

Cara Mencabut Dengan Aman

Setelah selesai menggunakan flashdisk dan ingin mencabutnya dengan aman, pastikan kalian telah menutup semua file yang ada di flashdisk dan keluar dari File Manager. Buka bilah notifikasi HP kalian (geser ujung atas layar HP ke bawah), klik menu OTG, lalu cabut kabel OTG dari HP, selesai.

Gimana, mudah banget’kan?

Selanjutnya: Cara login banyak akun Instagram dalam 1 HP, Minimal bisa 11 akun!
----
Oke ya teman-teman, itulah cara menyambungkan flashdisk/USB ke HP Android dengan mudah dan cepat, dengan begitu kalian bisa melihat, membuka, salin, dan memindahkan file tanpa perlu menggunakan komputer atau laptop. Semoga tutorial di atas bermanfaat dan membantu menyelesaikan masalah kalian. Jangan lupa untuk share artikel ini juga ya, thanks dan sampai jumpa kembali.
Disqus Comments