Monday, April 22, 2019

Cara Mengganti Background Foto Di HP Android

Cara Mengganti Background Foto Di HP Android

– Setidaknya ada dua tipe dalam mengganti background foto, sekedar ganti warna atau ganti secara keseluruhan misalnya pemandangan kota jadi pemandangan pedesaan. Keduanya bisa dilakukan dengan sangat mudah, tidak perlu menggunakan komputer/laptop cukup pakai HP Android saja.

Yang paling repot itu proses menghapus backgroundnya, apalagi jika background foto ada banyak gambar-gambar, pasti akan lebih lama lagi dalam membersihkannya. Nah, sebelumnya saya sudah membuat tutorial bagaimana kalian bisa menghapus background, silahkan dibaca dulu ya!

Baca: Cara menghapus background foto di HP Android.

Setelah background terhapus, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:


Aplikasi Yang Dipakai

Di Android ada banyak aplikasi yang bisa dipakai untuk mengganti background foto, tapi kalau saya sendiri pakai aplikasi ibisPaint X. Aplikasi tersebut merupakan aplikasi edit foto yang mirip photoshop, fiturnya juga lengkap banget. Ukurannya mungkin sedikit lebih besar dari aplikasi lain, yaitu sekitar 59 MB, tapi saya jamin kalian gak bakalan rugi download dan install aplikasi tersebut karena bisa buat edit foto lain dengan berbagai macam fitur keren.

Cara Mengganti Background Foto

Video Cara Mengganti Background Foto di HP Android


Udah jelas kan dari video di atas? Atau kalian mau hemat kuota, oke deh silahkan simak tutorial dengan tulisan dan gambar berikut ini:

Mengganti Background Pas Foto

Mengganti background pas foto seperti halnya mengganti warna saja, bisa dari merah ke biru atau sebaliknya. Tapi walaupun mengganti warna, saran saya untuk tetap menghapus background aslinya dulu karena takutnya nanti warna jadi tidak sempurna.

Setelah background kalian hapus, masuk ke ibisPaint X, klik tanda + di pojok kiri bawah, pilih ukuran kanvas yang mendekati ukuran foto. Jika tidak tersedia ukuran kanvas yang mendekati ukuran foto, kalian bisa custom.

Setelah masuk ke menu pengeditan ibisPaint X, kalian perlu menentukan warna background yang kalian inginkan. Klik menu no 2 dari kiri, klik ember cat.

Klik pilihan warna dan pilih yang kalian inginkan

Tekan ke daerah kanvas sampai berubah warna sesuai warna yang kalian pilih tadi

Sekarang waktunya memasukkan foto, klik menu layer, klik menu bergambar foto, kemudian cari dan pilih foto yang backgroundnya sudah dihapus.

Setelah foto masuk, sesuaikan ukurannya dengan cara mencubit masuk dan keluar, jika menurutmu udah oke klik tanda centang berwarna hijau. Klik batal jika keluar menu Gambar Garis Ekstrak.

Sampai di sini foto sudah siap disimpan, klik tanda panah ke kiri, kalian akan kembali ke menu awal dan gambar sudah ke save ke aplikasi (belum tersimpan di galeri).

Untuk menyimpannya ke galeri, pastikan kanvas terklik, pilih menu titik tiga di bawah, klik simpan foto, mau PNG atau JPEG terserah kalian. Foto dengan background yang baru saja kalian ganti sudah tersimpan di galeri, silahkan dilihat.

Mengganti Secara Keseluruhan

Untuk mengganti background foto secara keseluruhan, kalian tentu perlu mencari background yang ingin kalian pakai terlebih dahulu. Silahkan kalian cari sesuai keinginan.

Jika sudah, masuk ke ibisPaint X dan pilih ukuran kanvas seperti tadi. Langsung saja masukkan foto background yang ingin dipakai, caranya seperti memasukkan foto tadi juga ya. Kemudian cocokkan ukuran foto ke ukuran kanvas dengan cara mencubit dan kalau sudah klik tanda centang warna ijo.

Sekarang masukkan foto utama yang backgroundnya udah dihapus, kemudian sesuaikan ukurannya, caranya masih sama persis. Selesai, sekarang tinggal kalian save ke aplikasi dan save ke galeri.

Mudah sekali bukan? Ini contoh mengganti backgroundnya dan tinggal disave aja:

Selanjutnya: Cara membuat dan memberi efek blur/sensor pada video di HP Android.
----
Oke ya teman-teman, itulah tutorial cara mengganti background foto di HP Android dengan sangat mudah. Semoga tutorial di atas bermanfaat dan membantu dalam proses editing yang sedang kalian lakukan. Jangan lupa untuk share artikel ini juga ya, thanks dan salam sukses.
Disqus Comments