Thursday, April 4, 2019

Cara Membuka 2 Aplikasi Sekaligus Di HP Oppo F5/F7/F9/F11

Cara Membuka 2 Aplikasi Sekaligus Di HP Oppo F5/F7/F9/F11

– Smartphone merk Oppo sekarang menjadi salah satu yang paling poluer di Indonesia. Tampilan yang elegan dengan banyak fitur unggulan membuat Oppo banyak digemari, salah satunya adalah saya. Nah, salah satu fitur dari Oppo yang menurut saya luar biasa adalah bisa membuka 2 aplikasi sekaligus dalam satu waktu secara bersamaan.

Untuk melakukannya tidak membutuh aplikasi pihak ketiga karena dalam Smartphone Oppo sudah ada fiturnya sendiri. Jadi tidak perlu instal dan hanya tinggal mengaktifkannya saja, gimana caranya? Ikuti step by step berikut ini:

Sebelumnya, baca juga: Cara menyembunyikan file/foto/video di Oppo F5/F7/F9/F11 tanpa aplikasi.

*PERHATIAN: Jika tutorial di bawah ini kurang jelas, silahkan tonton video yang ada di bawah ya! Dan jangan lupa subscribe juga ^_^

Fitur Yang Digunakan

Untuk membuka 2 aplikasi secara bersamaan di Oppo, kalian bisa memanfaatkan fitur Layar Terpisah Oppo. Fitur tersebut memungkinkan memecah layar kalian menjadi 2 bagian, dari 2 bagian layar tersebut kalian bisa membuka aplikasi di masing-masing layar. Kelemahan dari fitur ini, tidak bisa membuka semua aplikasi karena tidak semua aplikasi mendukung Layar Terpisah Oppo, jadi hanya sebagian saja.

Ada beberapa aplikasi yang saya tahu tidak mendukung Layar Terpisah Oppo, seperti Instagram dan galeri Foto bawaan Oppo. Untuk mengakali jika aplikasi tidak mendukung, cari aplikasi lain yang mendukung, kan ada banyak tuh aplikasi pembuka Instagram, silahkan dicoba aplikasi tersebut. Begitu juga dengan galeri foto, ada banyak kok aplikasi pembuka foto dan video yang mendukung Layar Terpisah Oppo, contohnya Xplayer.

Cara Mengaktifkan Layar Terpisah Oppo

Langkah pertama buka pengaturan atau setting, cari dan buka menu Layar terpisah, klik bagian kanan Mode Layar Belah Aplikasi hingga warnanya hijau.

Sampai di sini, layar belum akan menjadi dua sebelum kalian menjalankannya. Sebenarnya di bagian bawahnya sudah ada petunjuk bagaimana menjalankan fungsi Layar Terpisah, yaitu 1. Dengan menggeser ke atas 3 jari pada layar, 2. Tekan tombol multitugas selam 2-3 detik.

Sekarang silahkan kalian buka salah satu aplikasi (saya mencoba pakai Chrome), geserkan 3 jari kalian ke atas maka layar sudah menjadi 2. Di layar bawah, silahkan buka aplikasi lainnya, aplikasi yang tampil di layar bawah merupakan aplikasi yang mendukung Layar Terpisah.

Untuk cara yang kedua, buka salah satu aplikasi, kemudian tekan tombol multitugas selama 2-3 detik, layar sudah akan menjadi 2. Sama seperti cara pertama, di layar bawah silahkan buka aplikasi yang kalian inginkan.

Cara Mengembalikan Tampilan Semula

Ada dua cara untuk mengembalikan tampilan layar menjadi 1 layar saja, yaitu dengan klik tombol home atau tombol back. Kalau kalian klik tombol home, kalian akan diarahkan ke layar atau screen utama, sedangkan kalau kalian klik tombol back, akan kembali ke aplikasi pertama sebelum Layar terpisah di operasikan. Silahkan dicoba!

Apakah perlu menonaktifkan Layar Terpisah di pengaturan? Tidak,  tidak dinonaktifkan juga tak masalah, tidak akan membahayakan atau tidak akan berdampak apapun pada Smartphone kalian. Lagian akan repot kalau harus mengaktifkan dan menonaktifkan setiap kali digunakan.

Video Cara Membuka 2 Aplikasi Sekaligus Di Smartphone Oppo


Gimana, mudah sekali bukan?
-----
Oke ya teman-teman E-gaptek, itulah cara membuka 2 aplikasi di Smartphone Oppo F5/F7/F9/F11 secara bersamaan menggunakan fitur Layar Terpisah. Semoga tutorial di atas bermanfaat dan membantu mengatasi permasalahan kalian. Jangan lupa untuk share artikel ini juga ya, thanks dan salam gaptek.
Disqus Comments