Wednesday, March 20, 2019

Cara Posting 1 Foto di Instagram Menjadi Beberapa Bagian (Instagram Grid)

Cara Posting 1 Foto di Instagram Menjadi Beberapa Bagian (Instagram Grid)

– Instagram merupakan salah satu media sosial paling keren saat ini, ada ratusan juta orang yang menggunakannya. Ada banyak hal keren yang bisa dilakukan menggunakan media sosial ini, salah satu yang sering dilakukan orang adalah memposting atau upload 1 foto menjadi beberapa bagian, istilah kerennya adalah foto grid.

Potong-potongan foto akan menjadi keren ketika orang mengunjungi profil kalian, karena potongan foto tersebut akan terlihat menyatu. Cara membuatnya pun sangat mudah sebenarnya, ada dua cara yang bisa kalian lakukan. Pertama, membuat secara manual, jadi kalian memotongnya sendiri menjadi beberapa bagian menggunakan aplikasi edit foto, cara ini repot dan cukup rumit.

Kedua, menggunakan aplikasi yang dikhususkan untuk membuat foto grid, kalian tinggal insert foto dan foto grid pun sudah siap diposting di Instagram. Untuk saat ini Instagram sendiri belum menyediakan fitur grid, jadi kalian memang perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Nah, bagaimana langkah-langkahnya, silahkan ikuti panduannya berikut ini (Untuk lebih jelasnya bisa kalian tonton video yang ada di bawah, jangan lupa subscribe juga ya):

Sebelumnya, baca juga: Cara copy paste caption Instagram, sangat mudah!
Cara Posting 1 Foto di Instagram Menjadi Beberapa Bagian (Instagram Grid)

Aplikasi Yang Digunakan

Baik di iOS maupun di Android, ada beberapa aplikasi yang bisa kalian gunakan untuk membuat foto grid. Tapi karena kebetulan saya pakai Android (doain aja biar bisa tambah smartphone iOS ya), jadi saya tidak bisa merekomendasikan aplikasi yang dipakai di sistem iOS. Nah, di Android sendiri saya menggunakan aplikasi namanya Grids Untuk Instagram. Silahkan kalian download dan install di PlayStore, ukurannya tidak terlalu besar hanya sekitar 13 MB saja.

Cara Posting 1 Foto Menjadi Beberapa Bagian

Caranya sangat mudah, buka aplikasi setelah kalian menginstallnya. Klik icon foto yang ada di tengah, pilih di mana foto diletakkan, lalu pilih foto yang diinginkan.

Setelah foto berhasil dimasukkan, akan muncul pilihan ukuran grid yang bisa dibuat, yaitu 3x1, 3x2, 3x3, 3x4, dan seterusnya. Setiap ukuran foto grid tersebut akan menentukan jumlah potongan foto, misalnya 3x3 maka nanti ada 9 potongan yang harus kalian posting di Instagram.

Kemudian setelah kalian memilih ukuran grid, kalian tentukan sudut gambar yang akan dijadikan foto grid (tinggal tarik-tarik saja ujung cropnya). Untuk membuat grid ini memang perlu dipotong (dicrop) jika dimensi foto kurang pas dengan ukuran grid yang kalian pilih sebelumnya. Misalnya foto berdimensi 1080x1080 piksel perlu dipotong jika kalian memilih 3x4, tapi akan pas jika memilih 3x3.

Jika sudah menentukan sudut foto, klik CROP di pojok kanan atas. Akan muncul foto yang sudah menjadi beberapa bagian dengan urutan angka, urutan itulah yang merupakan urutan pemostingan di IG. Jika kalian pengen menyimpan potongan foto tersebut, klik Save All. Jika ingin langsung mempostingnya, tinggal klik urutan angka mulai dari 1 hingga angka terakhir.

Setiap kali kalian klik urutan angka, otomatis sudah akan diarahkan ke akun Instagram kalian. Tinggal posting bagian-bagian tersebut satu persatu.

Inilah hasil akhirnya (pakai 3x2):

Gimana, mudah sekali bukan? Jika tulisan di atas kurang jelas dan ribet, silahkan tonton video di bawah!

Video Cara Posting 1 Foto Menjadi Beberapa Bagian


Hmm, gimana sudah bisa kan? Kini kalian bisa memperindah tampilan profil Instagram dengan foto grid.
----
Oke ya kawan-kawan, itulah cara posting 1 foto di Instagram menjadi beberapa bagian. Semoga tutorial di atas bermanfaat dan membantu. Jangan lupa share artikel ini juga ya, thanks dan salam gaptek.
Disqus Comments