Sunday, March 17, 2019

Cara Streaming Video Full Screen di Chrome Android

Cara Streaming Video Full Screen di Chrome Android

– Halo kawan-kawan E-gaptek, apa kabar? Semuanya sehat ya? Kawan-kawan, sesuai judul artikel kali ini saya akan berbagi sebuah tutorial agar video yang kita tonton di Chrome Android bisa full screen.

Saya tidak tahu apakah semua orang juga mengalaminya, atau hanya untuk sebagian merek HP saja. Tapi yang jelas, ini terjadi kepada saya, saya pakai HP Oppo F5, di mana ketika nonton video atau streaming video di Chrome, medianya memang bisa di full screen tapi tidak penuh (tombol back, start, dan multitask kelihatan)

Hal ini sangat mengganggu, selain nontonnya jadi tidak mantap, tiga tombol tersebut kadang secara tidak sengaja terpencet, tentu ini menjengkelkan. Apa kalian juga mengalaminya? Jika iya, artikel ini akan menyelesaikan permasalahan kalian dengan solusi terbaik, silahkan simak cara mengatasinya di bawah ini (lebih jelasnya tonton video yang ada di bawah ya, jangan lupa subscribe juga):

Sebelumnya, baca juga: Alat bantu main PUBG terbaik, gak cuma ada tombol L1 R1 saja.
Cara Streaming Video Full Screen di Chrome Android

Aplikasi Yang Dipakai

Cara ini memang harus menggunakan aplikasi dari pihak ketiga ya, saya sebelumnya sudah otak atik cari sana sini tidak juga ketemu caranya tanpa menggunakan aplikasi lain, jadi untuk membuat full screen kalian perlu download dan install aplikasi. Jangam khawatir, aplikasi sudah tersedia di Playstore dan ukurannya juga tidak besar, hanya sekitar 1.6 MB saja. Nama aplikasi tersebut adalah GMD Full Screen Immersive Mode.

Oh iya, jika kalian tahu cara membuat full screen Chrome di Android ketika nonton atau streaming video tanpa aplikasi lain, beri tahu saya ya dengan cara berkomentar di bawah. Di sini tempatnya berbagi, saya juga pengen mendapatkan ilmu baru.

Cara Membuat Full Screen Chrome di Android

Langkah pertama, tentu saja kalian perlu instal aplikasi tersebut, silahkan search di Playstore dan kemudian di install. Setelah itu, buka aplikasinya, jika ada permintaan izin, klik izinkan semuanya. Jika GMD Immersive sudah dibuka, klik tombol bulat di pojok kanan atas hingga warnanya berubah menjadi hijau, kemudian klik gambar kotak yang ada tepat di sebelah kiri tombol bulat tadi. Sampai di sini seharusnya di bagian bawah layar kalian ada garis berwarna merah.

Jika di bagian bawah layar sudah ada garis merah, maka tandanya sudah berhasil di aktifkan. Sekarang tinggal pengaplikasiannya di Chrome.

Buka Chrome kalian, dan buka halaman di mana video yang ingin kalian tonton berada. Jika mode layar (orientasi layar) horizontal, kalian tingga geser ke kanan garis merah tadi dan Chome sudah akan full screen, untuk mengembalikannya tinggal geser ke kini. Kalau layar vertikal, tinggal tarik ke atas atau ke bawah untuk mengaktifkan full screen dan mengembalikannya.

Sudah itu saja, mudah banget kan cara di atas?

Cara Menonaktifkan GMD Immersive

Saya sudah menggunakan aplikasi ini ketika saya streaming di Chrome, ketika selesai streamingnya jika kalian tidak menonaktifkan aplikasi GMD Immersive, nantinya akan mengganggu aktifitas. Aplikasi tersebut dapat menyembunyikan dan menampilkan tombol multitask, start dan back hanya sekali geser saja, padahal aktifitas keseharian kalian butuh 3 tombol tersebut terus menerus. Ini tidak wajib sih, tapi saya sarankan untuk menonaktifkan ketika sudah selesai streaming.

Caranya gimana? Mudah banget kok, kalian buka kembali aplikasi tersebut, dan klik tombol bulat seperti langkah di atas hingga warnanya normal kembali (tidak hijau). Selesai, GMD Immersive sudah tidak aktif lagi, dan garis berwarna merah seharusnya sudah tidak muncul di bagian bawah layar.

Video Cara Streaming/Nonton Film Full Screen di Chrome Android


Mudah bukan? Oh iya, cara di atas memang hanya saya khususkan di Android, karena saya tidak tahu apakah cara tersebut bekerja untuk sistem operasi lainnya. Silahkan dicoba-coba sendiri ya bagi yang Hpnya bukan Android.
----
Oke kawan, itulah cara streaming video atau ketika nonton film agar bisa full screen di Chrome Android tanpa root dan sangat mudah. Anyway, semoga tutorial sederhana di atas bermanfaat dan menjadi solusi permasalahan kalian. Jangan lupa share artikel ini juga ya, thanks dan salam gaptek.
Disqus Comments