Tuesday, February 26, 2019

Cara Membuat Email Di Gmail dan Yahoo, Mudah dan Cepat

Cara Membuat Email Di Gmail dan Yahoo, Mudah dan Cepat – Di jaman modern seperti saat ini, penggunaan Email sangatlah penting. Ada banyak aktivitas yang harus dilakukan dengan menggunakan Email, misalnya saja pendaftaran media sosial, kirim file dan dokumen, dan banyak juga lamaran pekerjaan yang mengharuskan memiliki Email.

Jika kalian ingin mengikuti tren jaman sekarang, maka wajib hukumnya untuk memiliki Email, setidaknya 1 Email. Nah, bagi yang belum memilikinya dan bingung bagaimana membuatnya, akan saya berikan panduannya, caranya pun sangat mudah. Silahkan ikuti langkah-langkahnya berikut ini:
Cara Membuat Email Di Gmail dan Yahoo, Mudah dan Cepat
Cara Membuat Email Di Gmail
Jika kalian akan membuat email, maka saya rekomendasikan untuk membuat di Gmail. Membuat di sini maka kalian otomatis akan membuat akun di Google, sekaligus kalian sudah otomatis terdaftar pada semua produk umum Google, seperti Youtube, Drive, Maps, dan produk Google lainnya, kalian tinggal login di setiap produknya tersebut.

1. Buka www.gmail.com di browser kalian

2. Klik “Buat Akun” atau “Create An Account”.

3. Lengkapi semua data yang diminta. Jika kalian bingung dengan bahasa inggris, silahkan ganti bahasa menjadi bahasa Indonesia pada bagian kiri bawah. Isikan nama depan dan belakang kalian. Buat alamat email yang kalian inginkan, jika alamat email sudah tidak tersedia (sudah dipakai orang) maka pilih alamat lain sampai alamat tersebut tersedia. Tentukan password dan konfirmasi kembali password kalian.
4. Klik Berikutnya

5. Jika muncul pop up “save password” klik save jika kalian ingin menyimpan password kalian di browser. Jika kalian membuatnya di komputer warnet atau komputer sekolah, sebaiknya jangan disave karena rawan bisa dibuka oleh orang lain.

6. Isi tanggal lahir kalian, dan isi jenis kelamin. Nomor HP dan alamat email pemulihan hanya opsional saja, tidak wajib diisi.
7. Klik Berikutnya.

8. Muncul halaman privasi dan persyaratan. Bacalah dengan cermat sampai akhir, lalu klik Saya Setuju.

9. Email kalian sudah jadi, dan siap digunakan. Jika kalian ingin meningkatkan keamanan email agar tidak mudah dibobol orang, segera atur di pengaturan, aturlah verifikasi dua langkah (panduan akan segera saya buatkan).
Kelebihan Gmail
Ada beberapa alasan kenapa email dari Gmail ini lebih populer ketimbang email lainnya, alasannya adalah karena Gmail memiliki banyak kelebihan. Nah, beberapa kelebihan Gmail adalah sebagai berikut:
  1. Bisa diakses online dengan memasang ekstensi Gmail di browser Chrome.
  2. Mampu login dengan beberapa akun sekaligus tanpa harus membuka browser lain.
  3. Pengguna diberikan ruang penyimpanan yang besar, yaitu 15 GB.
  4. Bisa melihat preview lampiran.
  5. Membuat email di Gmail, akan terhubung dengan semua produk Google secara langsung.
Cara Membuat Email Di Yahoo
Alternatif selain membuat email di Gmail adalah di Yahoo, walaupun saat ini penggunanya tidak sebanyak Gmail, namun Yahoo masih cukup populer dan masih cukup banyak yang menggunakannya. Cara membuatnya pun sangat mudah, berikut langkah-langkahnya:

1. Buka mail.yahoo.com di browser kalian.
2. Klik Sign Up/Create Acoount/Daftar

3. Isi nama depan dan nama belakang kalian. Tentukan alamat email yang kalian inginkan. Tentukan password yang unik agar tidak mudah ditebak orang lain. Isi nomor telephone, tanggal lahir, dan jenis kelamin. Jika sudah, klik Continue.
4. Akan muncul kotak Save Password? Seperti di atas, jika kalian menggunakan komputer publik, bukan milik kalian, sebaiknya pilih Never, atau tidak disave di komputer yang sedang kalian gunakan.

5. Muncul form verifikasi, klik Kirimi Saya Kode Verifikasi Via SMS.

6. Tunggu beberapa detik hingga kalian menerima SMS dari Yahoo yang berisi kode verifikasi. Jika sudah menerimanya, isikan pada kotak yang tersedia. Lalu klik Verifikasi.
7. Muncul halaman Selamat bahwa akun kalian berhasil dibuat, klik Lanjutkan untuk masuk ke menu email, dan sekarang kalian sudah memiliki email di Yahoo.

Gimana, sangat mudah kan membuat email di Gmail dan Yahoo? Tidak perlu waktu lama, hanya sekitar 5 menit saja kalian sudah akan memiliki email.
----
Oke ya kawan-kawan, itulah tutorial cara membuat email di Gmail dan Yahoo. Semoga tutorial di atas bermanfaat dan membantu kalian, jika ada yang perlu ditanyakan silahkan tanya via kolom komentar di bawah ya. Jangan lupa share artikel ini juga, thanks dan salam gaptek.
Disqus Comments